Minggu, 15 April 2012

Perbedaan Policy, Standard, Guideline dan Procedure

Setelah kita memahami mengenai Computer Ethics, Internet Atau Cyber Ethics maka saya akan membedakan antara Policy, Standard, Guideline dan Procedure .


  1. Policy merupakan suatu pernyataan, dan itu merupakan sebuah aturan atau kebijakan yang dilakukan pengembang sistem untuk mengetahui kevalidan data dari para pengguna. Seperti contoh ketika kita ingin masuk kedalam LMS UPI, maka kita harus log in terlebih dahulu. Kemudian apabila USER NAME dan PASSWORDNYA benar maka sistem akan mengizinkan user masuk untuk menggunakan LMS UPI tersebut.
  2. Standard merupakan aturan baku yang harus digunakan unruk menjalankan suatu program. standar tersebut harus di rencanakan didalam proses perencanaan dan dapat di terapkan ketika sistem tersebut di ciptakan. Seperti Contoh untuk masuk kedalam LMS UPI tersebut kita harus mengisi NIM dan PASSWORD. Untuk NIM harus 7 karakter dan untuk pasword harus campuran antara alfabet, numerik dan simbol. 
  3. Guideline mirip dengan standar namun lebih longgar dalam penerapannya. petunjuk umumnya memiliki pernyataan yang lebih sedikit. 
  4. Procedure merupakan cara spesifik yang digunakan user dalam melakukan kegiatan yang diperintahkan oleh program dan untuk mengklarifikasi policy standar dan standard yang telah di tentukan oleh sistem.

Sekian Tulisan dari saya, semoga bermanfaat bagi para Google Addict !!
Wassalammualaikum Wr Wb





Tidak ada komentar: